Jumat, 30 April 2010

RESENSI BUKU

Judul buku : The Servant Leader (Pemimpin yang Melayani)
Pengarang : Robert P. Neuschel
Penerjemah : Dra. Ati Cahayani, MM
Penerbit : PT Indeks, Jakarta
Cetakan : pertama, 1998
Tebal : 154 halaman
Peresensi : Avi Rista Midaada

Pemimpin yang Melayani Umat, Bukan Pemimpin yang Dilayani
Pemimpin merupakan suatu pucuk dimana merekalah yang akan bertanggungjawab akan kinerja bawahannya. Selama ini ada anggapan yang salah di realita kehidupan dimana seorang pemimpin itu harus diperlakukan spesial oleh bawahannya. Padahal jika dilogika justru pemimpinlah yang seharusnya bertindak melayani anak buahnya. Dalam buku ini penulis begitu detail menggambarkan sisi lain pemimpin sebagai pelayan umat, bukan justru yang dilayani. Seorang pemimpin yang matang memiliki beberapa faktor diantara lain : tujuan yang jelas, suara yang lembut, tetapi tegas, namun terkadang perlu berteriak, cadangan energi yang besar, kematangan pikiran dan emosi, kedamaian dan ketenangan dalam diri yang mendukung stabilitas saat menghadapi kekacauan, ego yang bisa dikelola dengan baik, kebebasan dari arogansi dan suasana hati, perasaan kuat tentang hal yang benar - benar penting hingga insting untuk hal yang penting. Pemimpin yang baik dicontohkan tidak memarahi anak buah yang melakukan kesalahan, tapi bagaimana pemimpin itu mengajarkan dari kesalahan yang telah dilakukakannya. Seni memimpin bukanlah hal yang mudah layaknya belajar ilmu fisika, ilmu sejarah, dan ilmu - ilmu lainnya, tapi lebih dari itu seorang pemimpin harusnya mempunyai sebuah ilmu filosofi yang mengerti akan apa yang sedang dirasakan anak buahnya dan yang terjadi pada sekitar lingkup kepemimpinannya.
Penulis disini begitu jeli dengan memperkuat argumen - argumen dan filosfinya dengan tokoh - tokoh dunia seperti Plato, Aristoteles, Robert Crandall, Alexander Agung dan lain - lainnya. Tak hanya itu pengalaman penulis kala sebagai angkatan darat AS, Profesor di bidang pengelolaan perusahaan di Kellogg School of Management dan direktur mitra senior pada McKinsey & Company membuatnya penulis bisa menggugah pembaca dan membawa pembaca pada kisah - kisah nyata nan heroic pada kehidupan seorang pemimpin. Penulis juga menjabarkan begitu jelas bagaimana visi misi seorang pemimpin yang benar - benar melayani umat dengan filosofi - filosofi kepemimpinan dari pemimpin - pemimpin dunia yang tersohor.
Buku ini merupakan bacaan wajib bagi para pemimpin dan pengajar kepemimpinan di seluruh dunia. Buku ini memuat seharusnya seperti apa pemimpin itu bertindak kepada bawahannya. Namun bagi pembaca pemula buku ini memang terlalu serius dan sulit dipahami dikarenakan buku ini dilengkapi filsafat - filsafat kepemimpinan ala pemimpin - pemimpin dunia. Selain itu beberapa kata di buku ini sulit dipahami bagi kalangan awam seperti contoh kata - kata CEO.
Buku ini mengandung sejuta pelajaran yang wajib dipelajari oleh para pemimpin dan manager di seluruh penjuru dunia sehingga dengan itu mereka bisa mengemban amanah yang diberikan. Buku ini layak dibaca bagi kita yang ingin memperdalam tentang ilmu kepemimpinan. Tak hanya itu sebagai umat islam, dimana kata Rasulullah Saw setiap orang adalah pemimpin. Maka buku The Servant Leader adalah bacaan yang berisi, supaya kita benar - benar menjadi pemimpin yang dicontohkan Rasulullah Saw yaitu pemimpin yang melayani dan mengabdi kepada masyarakat bukan pemimpin yang minta dilayani apalagi dengan meminta segala fasilitas yang diluar kewajaran.
Avi Rista Midaada (XII IPS 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar