Rabu, 14 April 2010

JABULANI


Bulan Juni nanti ada satu even yang menyedot jutaan bahkan milyaran mata manusia di bumi ini. Ya sebuah turnamen bergengsi antar dunia, Piala Dunia ini akan dihelat tanggal 11 Juni - 11 Juli 2010 di Afrika Selatan. Oya turnamen sepak bola tidak akan menarik tanpa adanya kemasan yang menarik pula, termasuk di dalamnya yaitu bola yang digunakan.
Jabulani merupakan bola yang ditetapkan sebagai bola resmi Piala Dunia 2010 saat drawing resmi di Cape Town, Afsel. Mungkin bagi kalian yang melihatnya sekilas mengira bola ini hanya terdiri dari warna putih dan kuning saja. Tapi, jika diperhatikan lebih detail, Jabulani memiliki sebelas warna mulai merah, hijau muda, biru dsb.
Tahu gak guys? 11 warna itu melambangkan sebelas bahasa dan sebelas komunitas di Afsel. Sebelas warna dalam Jabulani sekaligus mengacu jumlah pemain dalam satu tim sepak bola. Sebagai official match balls Piala Dunia sejak 1970, Adidas selalu mendesain bola sesuai dengan citra tuan rumah. Jabulani pun merefleksikan citra Afrika Selatan. “Seperti Zakumi (maskot Piala Dunia 2010) bola di PD 2010 tetap harus menghadirkan nuansa Afrika Selatan,” kata Sepp Blatter, presiden FIFA seperti yang dilansir FIFA.COM.
Nama Jabulani pun diambil dari bahasa Zulu, salah satu bahasa yang digunakan sekitar 25 persen warga Afsel. Arti Jabulani adalah perayaan. Jadi, bola itu diharapkan membuat Piala Dunia ke-19 nanti lebih meriah dari Piala Dunia sebelumnya. Apalagi ini pesta sepakbola terbesar sejagat ini diselenggarakan untuk pertama kalinya di Benua Afrika.
Dari bocoran di situs resmi adidas.com, ada beberapa fakta menarik tentang Jabulani. Diantaranya, Jabulani dibuat dengan teknologi Grip ‘n Groove, yakni membuat bola lebih stabil di udara, akurat, dan mudah dikontrol di berbagai kondisi lapangan. “Kuncinya ada pada delapan panel special tiga demensi (3 D). Bandingkan dengan +Teamgeist (Bola resmi Piala Dunia 2006 di Jerman) yang memiliki 14 panel.Jabulani diklaim sebagai bola paling bulat yang penah dibuat di muka bumi ini” demikian rilis Soccerballworld.
Respon positif pun datang dari para pemain kepada Jabulani, Michael Ballack, kapten Timnas Jerman “Tepat sasaran itulah kesan pertama saya ketika menendangnya,” kata Ballack.
Avi Rista (XII IPS 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar