Rabu, 14 April 2010

Sejarah Piala Dunia


Tak terasa tahun 2010 hendak memasuki bulan Juni 2010. Ya tepat tanggal 11 Juni nanti pesta sepakbola terakbar di jagat raya ini berlangsung di Afrika Selatan. Guys, tapi tahukah kalian Piala Dunia Afsel ini merupakan Piala Dunia yang ke berapa? sejak kapan Piala Dunia ini dimulai? ya mungkin anda pasti bertanya - tanya. Nah, kini Majalah MADANI Mansabo hadir dengan sekilas tentang turnamen Piala Dunia yang diselenggarkan empat tahun sekali tersebut.
Piala Dunia pertama dilangsungkan di Uruguay pada 13 - 30 Juli 1930. Kala itu Presiden FIFA Jules Rimet yang mencanangkan ide menggulirkan turnamen sepakbola sejagat raya. Kala Piala Dunia 1930 di Uruguay diikuti 13 negara dengan empat negara eropa saja yang rela melakukan perjalanan jauh untuk mengikuti turnamen ini. Tuan rumah Uruguay akhirnya mencetak sejarah dengan menjadi tim yang menjuarai Piala Dunia pertama kali setelah di final mengalahkan tetangganya, Argentini dengan skor 4-2 di Stadion Centenario yang kala itu baru dibangun untuk Piala Dunia tersebut.Peringkat ke- 3 dan ke-4 diraih oleh Amerika Serikat dan Yugoslavia.
Italia mendapat kehormatan sebagai host kedua Piala Dunia yang diselenggarakan pada 27 Mei - 10 Juni 1934 diikuti oleh 16 negara peserta. Dukungan tifosi mengantarkan Italia melenggang manis ke tangga juara setelah di final mengalahkan Cekoslovakia dengan skor 2-1. Peringkat ke - 3 dan ke - 4 jatuh ke tangan Jerman dan Austria. Sayang, di Piala Dunia ini tidak diikuti oleh Uruguay sang juara bertahan. Hal itu membuat Uruguay merupakan satu - satunya tim juara bertahan yang tidak tampil untuk mempertahankan gelar.
Piala dunia ke-3 diselenggarakan pada 4 Juni - 19 Juni 1938 diikuti oleh 15. Prancis mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah. Pada Piala Dunia 1938 tersebut Italia kembali berjaya dengan membuat sejarah tim pertama yang menjuarai Piala Dunia dua kali secara beruntun. Di bawah asuhan pelatih Vittorio Pozzo Italia dibawanya membekuk Hungaria di Final dengan skor 4-2. Ajang ini diwarnai duel seru antara Brazil lawan Polandia yang berakhir dengan skor 6-5. Ini membawa Brazil menjadi juara 3 dan juara 4 diraih oleh Swedia. Sayangnya, Piala Dunia ini diwarnai dengan suasana panas pertarungan politik. Beberapa negara memutuskan absen karena situasi keamanan yang tidak stabil.
Usai berhenti cukup lama dikarenakan Perang Dunia, Piala Dunia akhirnya berlangsung lagi. Brazil dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia ke-4 ini yang diselenggarakan pada 24 Juni - 18 Juli 1950 dan diikuti oleh 13 negara peserta. Partai final mempertemukan tuan rumah melawan juara Piala Dunia 1934 Uruguay yang berlangsung di Stadion Maracana yang memiliki kapasitas terbesar di dunia dengan 200 ribu penonton. Sayang, ambisi itu buyar Uruguay berhasil menjuarai Piala Dunia untuk kedua kalinya. Swedia dan Spanyol masing - masing mendapat juara 3 dan juara 4. Ajang ini juga diwarnai dengan kejutan oleh Inggris yang kala itu berhasil mengalahkan salah satu favorit juara Amerika Serikat dengan skor 1-0 di babak penyisihan
Berikutnya Swiss mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 16 Juni - 4 Juli 1954 yang diikuti oleh 16 negara. Ketinggalan dua gol tidak membuat Jerman (Barat) menyerah pada laga final melawan Hungaria di Bern. Tim Panser berhasil membalikkan keadaan dan menang dengan skor 3-2 pada pertandingan yang dijuluki Keajaiban Bern itu. Hungaria berhasil mencatat rekor dengan tak terkalahkan pada 31 pertandingan dan mencetak 25 gol dalam perjalanan menuju final. Delapan gol diceploskan ke gawang Jerman pada pertemuan di penyishan grup. Ini yang membuat Sandro Kocsis berhasil merebut sepatu emas alias top skor.
Piala Dunia ke 5 berlangsung di Swedia pada tanggal 8 Juni - 29 Juni 1958 yang diikuti oleh 16 negara. Brazil akhirnya berhasil menjadi juara dunia setelah mengalahkan tuan rumah Swedia dengan skor 5- 2 melalui pemain fenomenal Pele yang mencetak dua gol. Kala itu Pele berusia 17 tahun dan berhasil mengemas enam gol.
Cile menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 1962 yang diselenggarakan pada 30 Mei - 17 Juni 1962 dan diikuti oleh 16 negara. Brazil sukses menyamai torehan dua kali juara Italia dan Uruguay setelah di Final, di Stadion Santiago, Cile mengalahkan Cekoslovaki dengan skor 3-1. Memang saat itu Pele absen tapi Brazil mempunyai Garrincha sebagai bintang. Tak hanya sebagai top skor Garrincha juga berhasil mengantarkan Brazil juara. Pada turnamen ini diwarnai dengan munculnya pola 4-3-3 yang diperagakan beberapa tim. Pertarungan terjadi ketika Cile melawan Italia yang kemudian dijuluki dengan Battle of Santiago.
Inggris mengklaim sebagai negara asal sepak bola. Nah, pada Piala Dunia 1966 yang diselenggarakan pada 11 Juli - 30 Juli 1966 Inggris berpesta dikarenakan menjadi tuan rumah dan sukses merebut gelar juara Piala Dunia pertama kalinya. Hat-trick Geoff Hurst mengantarkan Inggris menang 4-2 atas Jerman Barat di Final. Eusebio da Silva Fereira atau yang dikenal dengan nama Eusebio menjadi bintang baru Piala Dunia dari Portugal dengan menjadi top skor. Peringkat 3 dan ke- 4 jatuh ke tangan Portugal dan Uni Soviet.
Berikutnya, Meksiko mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 31 Mei - 21 Juni 1970 yang diikuti oleh 16 negara. Pada Piala Dunia ini pulalah untuk pertama kalinya disiarkan dalam tayangan televisi berwarna. Brazil berjaya di final setelah mengalahkan Italia dengan skor 4 - 1, Pele dan Jairzinho menjadi aktor Brazil meraih Piala Jules Rimet (trofi Piala Dunia). Peringkat ke- 3 dan ke- 4 sendiri diraih oleh Jerman (Barat) dan Uruguay, sedangkan top skor oleh Gerd Mueller dengan perolehan 10 golnya.
Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia berikutnya yang diselenggarakan pada 13 Juni - 7 Juli 1974. Faktor tuan rumah membuat Jerman sedikit diuntungkan mereka berhasil membungkam Belanda yang diperkuat Johan Cruyyf dengan skor 2-1. Kejutan besar ditunjukkan Polandia dengan mengangkangi Brazil di perebutan juara ke- 3, pencapaian ini kian lengkap setelah Grzegorz Lato menjadi top skor.
Piala Dunia XI berlangsung di Argentina pada 1 Juni - 25 Juni 1978 yang diikuti oleh 16 negara. Nasib apes menimba der oranje Belanda dua kali meluncur ke final dua kali puan terhempas setelah geleran sebelumnya oleh Jerman Barat, pada PD ini ditaklukkan oleh tuan rumah Argentina dengan skor 3-1. Mario Kempes menjadi bintang kemenangan Argentina dengan mencetak da gol di final sekaligus mencatatkan namanya sebagai top skor turnamen. Peringkat ke - 3 dan ke - 4 diraih Brazil dan Italia.
Spanyol mendapat kehormatan pertama kalinya menggelar Piala Dunia pada 13 Juni - 11 Juli 1982 yang diikuti oleh 24 negara. Bintang Ac Milan Paolo Rossi mengantarkan Tim Italia merebut Piala Dunia setelah di final mengalahkan Jerman (Barat) dengan skor 3-1. Rossi total mencetak 6 gol dan meraih top skor. Polandia dan Prancis meraih posisi ke - 3 dan ke- 4.
Meksiko kembali menjadi tuan rumah PD tahun 188 yang diselenggarkan pada 31 Mei - 29 Juni 1986 yang diikuti 24 negara. Diego Maradonna menjadi buah bibir di turnamen ini, bukan hanya karena penampilannya yang menawan yang mengantarkan Argentina juara, tapi juga karena gol kontrovesialnya menggunakan tangan ke gawang Inggris yang kemudian dikenal dengan gol tangan Tuhan dan gol keduanya ke gawang Inggris yang luar biasa dengan melewati 7 pemain lawan dari tengah lapangan. Argentina berhasil menghempaskan Jerman (Barat) di final, sedangkan Prancis dan Belgia mendapat juara 3 dan 4. Top skorer diraih oleh Gary Lineker pemain Inggris.
Piala Dunia berikutnya diselenggarakan di Italia pada tanggal 8 Juni - 8 Juli 1990 yang diikuti oleh 24 negara. Jerman (barat) yang diarsiteki Franz Beckenbeur berhasil mengalahkan Argentina ti final dengan skor 1-0, gol diciptakan oleh Andreas Brehme melalui titik penalti. Tuan rumah sendiri hanya dapat memperoleh juara 3 setelah mengalahkan Inggris di perebutan juara ke-3. Salvatore Schillaci tampil sebagai top skor dalam turnamen ini.
Amerika Serikat menjadi tuan rumah Piala Dunia 1994 dengan rekor penonton terbanyak sepanjang sejarah. Turnamen yang diselenggarakan tanggal 17 Juni - 17 Juli 1994 ini diikuti oleh 24 negara. Brazil lagi - lagi berhasil menggenggam Juara dunia untuk ke empat kalinya setelah mengalahkan Italia melalui drama adu penalti pertama di final, sedangkan Swedia dan Bulgaria tampil mengejutkan dengan menjadi juara 3 dan 4. Oleg Salenko dari Rusia dan Hristo Stoichkov dari Bulgaria tampil sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang turnamen.
Tahun 1998 Prancis mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Piala Dunia. Turnamen pertama yang diikuri peserta terbanyak yaitu 32 peserta. Piala Dunia ini sendiri digelar tanggal 10 Juni - 12 Juli 1998. Prancis didukung suporternya benar - benar memanfaatkan momen tersebut. Sepanjang turnamen Zinadine Zidane cs tampil luar biasa. Tim Favorit juara Brazil kala itu dihempaskan dengan skor fantastis 3 - 0. Zidane sendiri mencetak dua gol ke gawang Brazil. Kroasia menjadi kuda hitam dengan mengalahkan Belanda di perebutan juara ke - 3. Keberhasilan Kroasia kian lengkap ketika Davor Suker menjadi top skor turnamen ini.
Piala Dunia untuk pertama kalinya dihelat di daratan Asia. Ya, Korea Selatan dan Jepang berkesempatan menjadi tuan rumah turnamen sepakbola terakbar di dunia pada tahun 2002. Inilah pertamanya kalinya Piala Dunia diselenggarakan di dua negara. Diikuti 32 negara dan diselenggarakan tanggal 31 Mei - 30 Juni 2002. Brazil berhasil menggoreskan sejarah dengan berhasil menjuarai Piala Dunia untuk ke- 5 kalinya setelah di final mengalahkan Jerman dengan skor 2-0. PialaDunia ini diwarnai beberapa kejutan seperti dua tim tuan rumah yang berhasil lolos hingga 16 besar. Bahkan langkah Korsel terbilang fenomenal mereka menghempaskan Italia di perempat final sebelum akhirnya takluk dari Brazil di Semifinal. Sang juara bertahan Prancis juga gagal lolos dari penyisihan grup setelah menduduki juru kunci grup A. Turki berhasil menjadi juara 3,sedangkan Korsel sendiri menduduki peringkat 3. Ronaldo tampil sebagai top skor turnamen dengan 12 golnya.
Piala Dunia 2006 dihelat di Jerman pada tanggal 9 Juni - 8 Juli 2006. Tuan rumah yang dikomandoi Michael Ballack berambisi menjadi juara dunia, tapi mereka terhempas penampilan cattenaccio ala Italia di semifinal. Italia sendiri yang sebelumnya terkena kasus calciopoli tak terduga melenggang hingga final dan mengalahkan Prancis melalui drama adu penalti dengan skor 6-5. Laga final tersebut juga diwarnai tandukan Zinadine Yazid Zidane kepada Marco Materazzi yang menyebabkan Zidane dihadiahi kartu merah. Jerman dan Portugal masing - masing menjadi juara 3 dan 4, sedangkan untuk top skor disabet oleh pemain yang kini bermain di Bayern Muenchen Miroslav Klose.dengan 5 golnya.
Piala Dunia 2010 ini merupakan Piala Dunia yang ke- 19, yang akan diselenggarakan pertama kali di dataran Benua hitam Afrika. Brazil dan Spanyol merupakan unggulan pertama perebutan gelar juara. Hem, tentu akan itu tak mudah apalagi tim - tim klasik seperti Belanda, Italia, Jerman dan Inggris siap menjegalnya. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh tuan rumah Afsel dengan skuad mudanya di Piala Dunia 2010 ini? Jika kalian semua menanti sebuah kejutan silakan saja nantikan Piala Dunia 2010 yang akan dihelat mulai 9 Juni hingga 9 Juli.
Avi Rista (XII IPS 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar