Sabtu, 17 Oktober 2009

Refleksi HUT Bojonegoro ke- 332

Bulan Oktober merupakan bulan yang dinanti warga Bojonegoro. Ya, karena di bulan ini Bojonegoro memperingati hari jadinya, untuk bulan Oktober tahun 2009 Bojonegoro genap berusia 332 tahun. Usia yang memang sudah cukup tua dibandingkan umur manusia. Di usia yang 332 ini Bojonegoro telah berbenah cukup signifikan, biak dalam hal tata kota maupun perekonomiannya.
Di era Bupati H. Suyoto M.Si atau yang kerap disapa Kang Yoto, Bojonegoro telah berbenah lebih baik dari tahun sebelumnya. Jalan - jalan sudah mulai bagus, penataan kota pun kian diperhatikan dengan renovasi pasar kota. Selain itu penertiban pedagang kaki lima juga dilaksanakan. Meski terkadang merugikan pedagang kaki lima tersebut, tapi ini juga demi tata keindahan kota Bojonegoro.
Dalam bidang lain macam olahraga Kabupaten Bojonegoro juga sudah mencorong melalui cabang olahraga panahan dan sepakbola. Dari panahan tiga putra daerah Bojonegoro merupakan penyumbag medali bagi regu panahan Indonesia di kancah Internasional. Tak hanya panahan, sepakbola pun juga ikut andil dalam melambungkan nama Bojonegoro di kancah nasional. Melaui tim kebanggaan Bojonegoro Persibo inilah gengsi persepakbolaan Bojonegoro. Tercatat Persibo merupakan tim kecil yang dikenal pembunuh tim - tim besar, beberapa tim besar pernah merasakan gigitan The Giant Killer-julukan lain Persibo. Persik Kediri, Persebaya Surabaya, Pelita Jaya Jawa Barat, Persipura Jayapura, Arema Malang dan Persela Lamongan merupakan diantaranya korban Laskar Angling Dharma-julukan Persibo. Bahkan Pelita Jaya Jawa Barat pernah merasakan sengatan Persibo dua kali di Copa Indonesia yakni saat menjadi tuan rumah dan tim tamu.
Ya dengan usianya yang genap 332 tahun kita sebagai warga Bojonegoro patut terus berharap semoga Bojonegoro lebih maju baik dari segi perekonomiannya, pertaniannya, pendapatan daerahnya dan sarana prasarananya. Tak lupa juga potensi Sumber Daya Manusia juga kian bagus untuk menyongsong Bojonegoro sebagai kota industri minyak bumi dan gas terbesar di Asia Tenggara. Selamat Ultah Bojonegoro Ke-332.
Avi Rista M. (XII IPS 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar